1.778 Mahasiswa UIN Suska Riau Dapat Keringanan Pembayaran UKT 

1.778 Mahasiswa UIN Suska Riau Dapat Keringanan Pembayaran UKT 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 1.778 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau mendapat keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). 

Kebijakan ini diambil oleh Rektor UIN Suska Riau Prof, Ahmad Mujahidin untuk meringankan beban orang tua mahasiswa ditengah Pandemi Covid-19 ini. 

Keringanan yang diberikan oleh pihak kampus adalah dengan menurunkan tingkatan UKT. Dengan adanya penurunan tingkatan UKT uang yang dibayarkan setiap semester akan berkurang. 

“Rata-rata penurunan UKT yang sudah kami lakukan satu tingkat, misal dari sebelumnya UKT empat ke tiga, dari UKT tiga ke UKT dua," kata Ahmad Mujahidin, Rabu (30/9/2020). 

Prof Mujahidin menambahkan, penurunan UKT mahasiswa merupakan salah satu kebijakan kampus untuk meringankan beban orang tua mahasiswa. Terlebih saat ini sedang dalam masa Pandemi Covid-19 yang berdampak ke semua sektor. Tidak hanya kesehatan namun juga berdampak ke sektor ekonomi. 

Tidak hanya itu, pihak kampus telah memberi keringanan khusus kepada mahasiswa yang merupakan anak yatim. Kebijakan yang diberikan pihak kampus kepada mahasiswa dari kalangan anak yatim adalah dengan meletakkan mereka dalam kelompok UKT satu tanpa ada persyaratan khusus dan pengecualian. 

Sehingga mahasiswa yatim otomatis langsung berada di UKT satu. Meraka yang masuk dalam UKT satu ini besaran UKT yang dibayarkan per semesternya berada pada tingkatan paling rendah, sekitar Rp 400 - Rp 500 ribu per semesternya. 

“Yang namanya anak yatim langsung turun ke UKT satu. Itu sudah beberapa mahasiswa yang kami berikan toleransi masuk di UKT satu," kata Prof Mujahidin. (R05/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index